Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) PAUD Usia 2-3 Tahun Kurikulum 2013

https://tkpaud.guruindonesia.id
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) PAUD  Usia 2-3 Tahun Kurikulum 2013
tkpaud.guruindonesia.id - Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan anak (STPPA) adalah acuan untuk mengembangkan standar isi, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, serta pembiayaan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. selain itu STPPA juga dipergunakan dalam pengembangan kurikulum PAUD. Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD disebut sebagai Kompetensi Inti. Kemudian, Kompetensi Dasar merupakan pencapaian perkembangan anak yang mengacu kepada Kompetensi Inti.

Untuk membantu para Pendidik PAUD dan orang tua dalam memahami tingkat pencapaian perkembangan anak pada usia 2-3 tahun, berikut ini disajikan daftar standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA) untuk usia 2-3 tahun.

STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) PAUD KURIKULUM 2013
PERMENDIKBUD NO 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2-3 TAHUN

I. NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL
1. Mulai meniru gerakan berdoa/sembahyang sesuai dengan agamanya
2. Mulai memahami kapan mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb

II. FISIK MOTORIK
A. Motorik Kasar
1. Berjalan sambil berjinjit
2. Melompat ke depan dan ke belakang dengan dua kaki
3. Melempar dan menangkap bola
4. Menari mengikuti irama
5. Naik-turun tangga atau tempat yang lebih tinggi/rendah dengan berpegangan

B. Motorik Halus
1. Meremas kertas atau kain dengan menggerakkan lima jari
2. Melipat kain/kertas meskipun belum rapi/lurus
3. Menggunting kertas tanpa pola
4. Koordinasi jari tangan cukup baik untuk memegang benda pipih seperti sikat gigi, sendok

C. Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
1. Berat badan sesuai Tingkat usia
2. Tinggi badan sesuai Tingkat usia
3. Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
4. Lingkar kepala sesuai Tingkat usia
5. Mencuci, membilas, dan mengelap ketika cuci tangan tanpa bantuan
6. Memberitahu orang dewasa bila sakit
7. Mencuci atau mengganti alat makan bila jatuh
III. KOGNITIF
A. Belajar dan Pemecahan Masalah
1. Melihat dan menyentuh benda yang ditunjukkan oleh orang lain
2. Meniru cara pemecahan orang dewasa atau teman
3. Konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu tanpa bantuan orangtua
4. Mengeksplorasi sebab dan akibat
5. Mengikuti kebiasaan sehari-hari (mandi, makan, pergi ke sekolah)
B. Berpikir Logis
1. Menyebut bagian-bagian suatu gambar seperti gambar wajah orang, mobil, binatang, dsb
2. Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian)
3. Memahami konsep ukuran (besar-kecil, panjang-pendek)
4. Mengenal tiga macam bentuk ● ▲ ■
5. Mulai mengenal pola
6. Memahami simbol angka dan maknanya
C. Berpikir Simbolik
1. Meniru perilaku orang lain dalam menggunakan barang
2. Memberikan nama atas karya yang dibuat
3. Melakukan aktivitas seperti kondisi nyata (misal: memegang gagang telpon)

IV. BAHASA
A. Memahami Bahasa
1. Memainkan kata/suara yang didengar dan diucapkan berulang- ulang
2. Hafal beberapa lagu anak sederhana
3. Memahami cerita/dongeng sederhana
4. Memahami perintah sederhana seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan dari dalam kotak

B. Mengungkapkan Bahasa
1. Menggunakan kata tanya dengan tepat (apa, siapa, bagaimana, mengapa, dimana).
2. Menggunakan 3 atau 4 kata untuk memenuhi kebutuhannya (misal, mau minum air putih)
V. SOSIAL EMOSIONAL
A. Kesadaran Diri
1. Memberi salam setiap mau pergi
2. Memberi rekasi percaya pada orang dewasa
3. Menyatakan perasaan terhadap anak lain
4. Berbagi peran dalam suatu permainan (misal: menjadi dokter, perawat, pasien)

B. Tanggungjawab Diri dan Orang lain
1. Mulai bisa mengungkapkan ketika ingin buang air kecil dan buang air besar
2. Mulai memahami hak orang lain (harus antri, menunggu giliran.
3. Mulai menunjukkan sikap berbagi, membantu, bekerja bersama.

C. Perilaku Prososial
1. Bermain secara kooperatif dalam kelompok
2. Peduli dengan orang lain (tersenyum, menanggapi bicara)
3. Membagi pengalaman yang benar dan salah pada orang lain
4. Bermain bersama berdasarkan aturan tertentu

VI. SENI
A. Anak mampu membedakan antara bunyi dan suara
Memperhatikan dan mengenali suara yang bernyanyi atau berbicara

B. Tertarik dengan kegiatan musik, gerakan orang, hewan maupun tumbuhan
1. Menyanyi sampai tuntas dengan irama yang benar (nyanyian pendek atau 4 bait)
2. Menyanyikan lebih dari 3 lagu dengan irama yang yang benar sampai tuntas (nyanyian pendek atau 4 bait)
3. Bersama teman-teman menyanyikan lagu
4. Bernyanyi mengikuti irama dengan bertepuk tangan atau menghentakkan kaki
5. Meniru gerakan berbagai binatang
6. Paham bila orang terdekatnya (ibu) menegur
7. Mencontoh gerakan orang lain
8. Bertepuk tangan sesuai irama

C. Tertarik dengan kegiatan atau karya seni
1. Menggambar benda-benda lebih spesifik
2. Mengamati dan membedakan benda di sekitarnya yang di dalam rumah

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) PAUD  Usia 2-3 Tahun Kurikulum 2013 silahkan unduh filenya di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) PAUD Usia 2-3 Tahun Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel